Begini Cara Menghilangkan Noda Lem dengan Baik dan Cepat

0
166

Mata awam barangkali tak memperhatikannya, tapi tidak seharusnya dengan para profesional. Kerap bila tak teliti, ada banyak noda atau bekas pengeleman yang menyebabkan kualitas produk kayu kurang bagus secara estetika. Lantas bagaimana cara menghilangkan noda lem tersebut dengan baik dan cepat?


Produk-produk kayu telah menemani manusia dengan berbagai fungsi yang begitu vital. Ada berbagai furniture atau mebel kayu, rangka rumah yang terbuat dari kayu, alat makan, alat memasak, mainan, hingga pagar yang terbuat dari material tersebut. Namun kayu tidak datang dengan sendirinya dengan aneka bentuk “jadinya” itu. Ada proses panjang yang harus dilalui material ini sehingga kemudian memiliki fungsi yang bisa kita manfaatkan. Proses tersebut sering disebut sebagai alur pengerjaan kayu. Kayu-kayu diolah setelah ditebang, disimpan, dipotong, dikeringkan, diawetkan, dikirim, hingga diproses lebih lanjut menjadi berbagai benda yang kita kenal.

Beli Cat Duco

Dari berbagai tahapan proses tersebut, ada tahapan yang disebut sebagai tahap pengeleman. Kedengarannya memang sepele, namun nyatanya tidak demikian. Pengeleman sangat krusial karena kayu hanyalah berupa potongan yang terpisah satu sama lain bila tak direkatkan. Proses ini juga berguna untuk membuat produk kayu dengan luas yang diperlukan. Contohnya saja untuk menghasilkan bagian atas meja, kita membutuhkan beberapa papan kayu yang kemudian direkatkan satu sama lain. Demikian juga untuk membuat multipleks, diperlukan bahan perekat untuk mengelem kayu secara bertumpuk. Sayangnya, sebagaimana berbagai proses pengerjaan lainnya, proses ini pun rentan terhadap berbagai tantangan. Misalnya saja masalah-masalah terkait bekas atau noda lem.

Noda lem bisa menyebabkan beragam persoalan dari segi estetika. Bukan saja produk jadi kurang bagus, aplikasi finishing pun bisa terhambat akibat adanya noda seperti ini. Lalu, bagaimanakah cara menghilangkan noda lem ini?

Cara Terbaik? Cegah Dulu

menghilangkan noda bekas lem

Pertama-tama, mencegah masihlah lebih baik dibanding mengobati. Langkah awal yang harus Anda ambil terkait persoalan ini adalah dengan sesegera mungkin menghapus bekas lem pada kayu sebelum mengeras. Tapi ingat, jangan melakukan pembersihan ini secara sembarangan. Misalnya, daripada menekan noda atau bekas lem dengan kain, lebih baik kita menunggu sebentar sampai lem agak mengering hingga menjadi seperti jeli atau karet. Setelah itu, kita bisa menyungkil noda tersebut dengan alat khusus seperti pisau. Sebab, bila kita nekat menghapus noda saat masih benar-benar cair, dikhawatirkan justru noda tersebut akan meresap ke dalam serat kayu dan menempel di permukaan kayu secara meluas.

Bagaimana bila lem sudah terlanjut dilap sehingga meluas dan meresap ke dalam serat kayu? Jangan khawatir, ada cara menghilangkan noda lem tersebut secara khusus. Saran kami, tuangkan sedikit air di area di mana noda lem tersebut ada. Selanjutnya, biarkan agak kering lalu amplas saja bagian yang terindikasi terkena bekas lem tersebut.

Cara Mengecek Adanya Noda Lem yang Rentan Bermasalah

Sebagaimana disebut di atas, kita bisa mengecek adanya noda lem dengan menuangkan air pada permukaan kayu yang diduga terkena noda. Adanya noda lem yang meresap pada kayu akan membuat air tak bisa meresap ke dalam kayu dengan baik. Akibatnya, akan terlihat perbedaan warna antara bagian kayu yang tak terkena noda lem dan yang terkena. Biasanya yang tak terkena noda lem menampakkan warna lebih gelap dibanding yang terkena karena peresapan airnya baik. Sedangkan area yang terkena noda lem kadang tampak sangat khas dengan adanya aksen keputih-putihan.

Tes seperti ini bagaimanapun juga sangat penting. Daripada kita gagal melakukan finishing, bukankah lebih baik untuk melakukan pengujian terlebih dahulu? Toh di lapangan, kejadian seperti ini bukan sekali dua kali terjadi. Beberapa perusahaan woodworking, terutama yang masih kecil sering mengalami kerugian akibat masalah noda pengeleman seperti ini. Produk mereka cacat warna yang asalnya dari persoalan bekas lem yang tak dibersihkan.

Cara Menghilangkan Noda Lem dengan Baik setelah Finishing

sambungan kayu

Bagi yang terlanjur tak menerapkan langkah di atas, Anda biasanya baru akan melihat adanya bekas lem pasca finishing. Anda mungkin heran apa yang menyebabkan warna cat berbeda pada bagian tertentu, terutama di sekitar penyambungan.

Bila sudah demikan, kami menyarankan untuk mengamplas lapisan cat dan melakukan finishing ulang. Bersihkan noda dengan cara mengamplasnya. Selanjutnya, lakukan pengetesan lagi untuk memastikan bahwa noda benar-benar sudah hilang. Selanjutnya, perbaiki bagian tersebut dengan mengaplikasikan filler. Aplikasikan finishing kembali seperti yang Anda rencanakan. Memang langkah ini bisa dibilang memakan waktu. Tapi daripada produk Anda dihargai rendah karena adanya noda lem, bukankah lebih baik untuk mengantisipasinya sejak awal?

Ayo, Gunakan Lem Crossbond yang Nodanya Mudah Dibersihkan

Selain beberapa cara di atas, ada cara menghilangkan noda lem dengan cepat yang lainnya yang bisa kita lakukan, yakni dengan memilih produk adhesive yang berkualitas baik. Beberapa produk adhesive didesain sehingga akan membantu Anda terhindar dari masalah noda atau bekas pengeleman. Crossbond contohnya. Adhesive ini punya karakter sangat baik seperti daya rekat yang tinggi, tahan lama, cepat kering, aman digunakan, harganya murah, cover area luas, berat kering tinggi, tak menyebabkan glue line, dan berbagai persoalan serupa lainnya. Lem ini mampu menghindarkan Anda dari persoalan bekas lem karena:

  1. Warnanya sesuai kayu, tidak menyebabkan glue line
  2. Mudah digunakan, dengan demikian lem ini tak akan merepotkan penggunanya. Pengguna pun bisa berkreasi lebih leluasa tanpa kesulitan sehingga noda adhesive yang tertinggal pun bisa diminimalisir.
  3. Tak memerlukan bahan tambahan. Cara aplikasi lem ini sangat praktis sehingga Anda tak perlu repot-repot.
  4. Lem mudah dicungkil saat setengah kering, sehingga akan memudahkan Anda mengalami persoalan bekas lem dengan baik.

Beli Lem Crossbond di Lemkayu.net!

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Menarik bukan berbagai keunggulan Crossbond di atas? Tak bisa dipungkiri, persoalan pengeleman memang sangat krusial. Karena itu, kita harus memperhatikannya dengan baik. Selalulah berhat-hati saat melakukan proyek kayu termasuk pada tahapan perekatan. Gunakan juga bahan terbaik seperti Crossbond.

Ingin membeli adhesive ini? Jika Anda tertarik ingin membeli Crossbond, pilihlah salah satu dari tiga opsi pembelian di bawah ini:

  1. Beli langsung via lemkayu.net dengan menghubungi kami via kontak Customer Service yang disediakan.
  2. Beli di berbagai online shop atau marketplace. Kami telah hadir di hampir semua marketplace di Indonesia.
  3. Membeli langsung adhesive ini di kantor Bio Industries di Yogyakarta, Jepara, serta Cirebon.

Bagaimana? Mudah bukan memesan adhesive ini? Harga Crossbond juga sangat terjangkau.

Produk Kegunaan Kemasan Harga
Crossbond X3 Perekatan rangka atau struktural 250 gram Rp. 45.000,-
Crossbond X4 Perakatan laminasi 250 gram Rp. 50.000,-

 

Ayo beli Crossbond sekarang juga! Dengan lem ini, Anda tak perlu repot-repot melakukan cara menghilangkan noda lem di atas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here