Bagaimana Cara Membuat Kusen Kayu? Begini Caranya!

0
57

Ingin membuat kusen kayu tapi bingung bagaimana caranya? Jangan khawatir. Kali ini, lemkayu.net akan membagikan tutorial cara membuat elemen bangunan tersebut.
Ketika kita bicara mengenai bagian-bagian pada sebuah bangunan, kebanyakan mungkin akan menyebut dinding dan lantai sebagai bagian yang krusial. Meski hal itu benar, namun berbagai bagian bangunan lainnya sebetulnya juga memiliki fungsi sama penting. Misalnya saja bagian dinding dan pintu. Pada bagian itu, terdapat kusen jendela dan kusen pintu. Kusen adalah frame atau rangka yang dibutuhkan agar daun pintu dan daun jendela bisa terpasang dan berfungsi sebagaimana seharusnya. Coba bayangkan, bila kita tidak mengenal produk seperti kusen, akan seperti apa pemasangan daun pintu dan daun jendela? Selain menyulitkan, dari segi estetika pun akan terlihat kurang elok.

Untuk mendapatkan kusen sendiri, kebanyakan di antara kita mengandalkan toko furniture, tukang mebel, atau kadang tukang bangunan yang mengerjakan rumah kita. Kusen sebetulnya memang bukan produk yang sulit dibuat. Anda yang bekerja dalam bisnis mebel pun bisa memproduksi produk ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi, kusen adalah produk yang sangat dibutuhkan dan banyak digunakan masyarakat.
Tertarik untuk membuat produk ini? Langsung saja, kami akan terangkan cara atau tutorial pembuatan kusen untuk Anda. Asalkan punya keterampilan woodworking standar atau mendasar, Anda pasti bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini tanpa kesulitan berarti.

Tutorial Cara Membuat Kusen

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  1. Potongan kayu yang hendak digunakan untuk membuat kusen. Ada baiknya potongan tersebut cukup tebal dan dalam kondisi yang bagus. Jumlah potongan setidaknya dua buah, di mana 2 berukuran panjang sama, sedangkan satu lebih pendek (untuk kusen kayu). Sedangkan bila Anda ingin membuat kusen jendela, sediakan 4 potongan untuk sisi atas, bawah, dan 2 samping. Ukurannya? Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
  2. Lem Crossbond X3. Kami hanya merekomendasikan lem ini dan bukan lem lainnya. Kami tidak menjamin lem lainnya memiliki kualitas sebagus adhesive Crossbond X3.
  3. Kuas.
  4. Alat tulis dan penggaris
  5. Berbagai macam perlengkapan woodworking atau pengolahan kayu standar
  6. Amplas
  7. Cat atau plitur (opsional)
crossbond x3

Langkah-langkah Cara Membuat Kusen

Setelah semua alat dan bahan di atas disiapkan, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah mudahnya di bawah ini.

  1. Siapkan kayu. Dalam hal ini semua potongan kayu harus dalam kondisi bersih, bebas noda minyak, dan juga kering. Kayu sebaiknya juga sudah dihaluskan menggunakan amplas.
  2. Setelah kayu siap, pastikan ukuran kayunya sesuai dengan rancangan kusen yang ingin Anda buat. Agar sesuai untuk keperluan Anda, ada baiknya menyesuaikan ukuran potongan kayu tersebut dengan pintu atau jendela di rumah Anda. Jadi, Anda memiliki gambaran sendiri mengenai ukuran produk yang hendak dibuat.
  3. Buatlah area sambungan. Area sambungan akan menyatukan potongan kayu dan menjadikannya sebagai satu produk kusen. Pada kusen jendela, Anda harus membuat area sambungan di dua titik. Sedangkan pada kusen jendela, ada 4 titik yang harus Anda kerjakan.
  4. Tipe sambungan apa yang sebaiknya digunakan? Ada beberapa pilihan sebenarnya. Misalnya sambungan lidah dan bibir atau sambungan dovetail.
  5. Setelah sambungan selesai dibuat, saatnya menyatukan sambungan tersebut. Siapkan lem Anda, dan aplikasikan pada area sambungan tersebut.
  6. Satukan sambungan dan pasang clamp press. Fungsi clamp press adalah menstabilkan posisi sambungan dan agar sambungan tetap menekan satu sama lain. Jadi ikatan yang dihasilkan nantinya benar-benar kuat.
  7. Selesai. Lakukan hal yang sama untuk area sambungan lainnya.

Tips Agar Kusen Anda Lebih Bagus dan Disukai Pasar

Agar kusen yang Anda buat lebih baik, jangan abaikan beberapa tips di bawah ini.

  1. Kusen bisa dibuat dari berbagai material kayu. Makin baik material kayu, kusen pun akan makin baik. Namun demikian, harga kayu yang bagus memang lebih mahal dibanding kayu yang kualitasnya lebih rendah. Karenanya, putuskanlah jenis kayu yang akan dipakai sesuai dengan target pasar Anda.
  2. Bila Anda menggunakan kayu yang ketahanannya kurang baik (misal, kurang awet terhadap jamur dan rayap), aplikasikan treatment pengawetan yang benar-benar bagus.
  3. Jangan lupa untuk memfinish material tersebut. Finishing tak melulu harus dilakukan dengan pengecatan. Sebab, seringkali pembeli butuh kusen yang belum dicat sama sekali agar mereka bisa mengecatnya sesuai dengan seleranya. Namun demikian, finishing tetap kami anjurkan agar produk lebih awet. Anda bisa menggunakan semir kayu Biopolish, dan bahan finishing sejenis lainnya yang tidak mengubah tampilan produk seperti cat dan juga tidak permanen. Aplikasi bahan seperti ini akan membuat produk Anda lebih awet dan senantiasa terlihat menarik.
  4. Selalu gunakan lem Crossbond X3 untuk membuat kusen. Crossbond X3 memiliki berbagai kualitas yang ideal untuk membuat produk yang kualitasnya baik.
cara membuat kusen

Pesan Crossbond X3 Sekarang Juga

CS Lem Kayu

Dapatkan lem Crossbond X3 untuk kebutuhan membuat kusen di atas. Lem ini sekarang bisa didapatkan dengan cara yang lebih mudah. Anda bisa memesannya via online dengan cara:

  1. Menghubungi kami via kontak Customer Service yang disediakan di website ini. Artinya pembelian secara langsung di lemkayu.net
  2. Membeli via marketplace atau online shop. Anda tinggal melakukan searching produk ini di online shop langganan Anda mulai dari Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.
  3. Membeli via laman official facebook Bio Industries

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung di agen Bio Industries atau di service point Bio Industries yang berlokasi di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta. Membeli adhesive ini secara langsung akan memungkinkan Anda mendapatkan ragam informasi lebih banyak yang disediakan manufaktur produk kimia ramah lingkungan, Bio Industries. Namun demikian, tentu saja informasi ini juga bisa Anda dapatkan secara online dengan bertanya pada CS kami. Kami menyediakan berbagai produk untuk woodworking mulai dari cat, lem, sampai bahan pengawet kayu.

Kesimpulan

Salah satu elemen bangunan yang sering diabaikan padahal amat penting adalah bagian kusen, baik itu kusen jendela atau kusen pintu. Kusen adalah frame atau rangka di mana daun pintu dan daun jendela dipasang. Bagian ini menjadi bagian fungsional yang menghubungkan pintu dan jendela dengan dinding.

Selama ini untuk mendapatkan kusen, kita bisa membelinya di toko furniture. Atau, kadangkala tukang bangunan yang membuatkannya secara langsung. Proses pembuatan kusen sendiri sejatinya sederhana. Anda yang memiliki keterampilan woodworking dasar pasti mampu untuk membuat elemen bangunan ini. Yang jelas, aplikasikan lem yang kuat agar kusen benar-benar kokoh.

Semoga bermanfaat. Segera dapatkan adhesive murah yang harganya hanya Rp.45.000,00 ini! Aplikasikan metode membuat kusen jendela dan pintu yang berkualitas bersama lem kayu Crossbond X3.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here